Senin, 24 Desember 2012

JURNAL EKONOMI KOPERASI 5 (1)


REVIEW
(MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PERMODALAN
KOPERASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI
DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA)

Oleh
(Ekawarna
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, PIPS/P.Ekonomi, Universitas Jambi, Jambi 36361, Indonesia)

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan “Buku Ajar Permodalan Koperasi” serta mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Pengembangan bahan ajar menerapkan empat tahap pengembangan(Four-D model) dari Thiagarajan dkk, 1974.
Penelitian ini juga menerapkan ide-ide penelitian tindakan kelas. Model
bahan ajar yang dirancang terdiri dari enam bab untuk enam kali pertemuan tatap muka, dimana penyusunannya mengacu pada model Atwi Suparman (dalam Panen dan Purwanto, 2001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahanajar berhasil dikembangkan dan hasil ujicoba bahan ajar meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa.

Pendahuluan

Berdasarkan pengalaman mengajar mata kuliah permodalan koperasi, telah ditemu-kenali masalah yang dialami mahasiswa adalah kesulitan dalam memperoleh buku ajar “Permodalan Koperasi”. Berdasarkan tuntutan GBPP, mata kuliah permodalan koperasi menuntut dimilikinya buku ajar sedikitnya: (1) Pembelanjaan/ Permodalan, (2) Anggaran/Budgeting, (3) Analisis
Laporan Keuangan (financial statement analysis), dan (4) Buku-buku tentang perkoperasian. Buku ajar tersebut sangat diperlukan untuk membangun konsep dasar dalam menjelaskan Permodalan Koperasi yang memiliki ciri khas (berbeda dengan modal perusahaan non-koperasi) karena jenis dan sumber modal koperasi telah diatur secara spesifik dalam Pasal 41 Undangundang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Metode
Metode yang dipilih dalam pengembangan bahan ajar adalah Four-D Model (Thiagarajan, dkk, 1974), yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan tahap pendesiminisasian (desseminate). Penelitian ini juga menerapkan ide-ide penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Dalam PPKP (Penelitian Pengembangan Kualitas Pengajaran) ini, tahap pendefinisian diawali dengan
mengkaji tujuan instruksional yang hendak dicapai yang telah ditetapkan dalam GBPP (Garis Besar Program Perkuliahan) dan analisis kebutuhan mahasiswa. Tahap ini berakhir setelah tujuan instruksional khusus dirumuskan sebagai petunjuk arah yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.
Tahap perancangan adalah tahap merancang prototype atau model bahan ajar. Menurut Panen dan Purwanto (2001:11) ada tiga metode yang dapat dipilih dalam menyusun desain bahan ajar yaitu: (1) menulis sendiri (starting from scratch),
(2) mengemas kembali informasi (information repackaging atau text transformation)
dan (3) menata informasi (compilation atau wrap around text).

Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode yang ketiga yaitu penataan informasi yaitu dengan mengkompilasi seluruh bahan atau materi perkuliahan yang diambil dari buku teks, jurnal ilmiah, artikel dan lain-lain. Materi-materi yang dibutuhkan dikumpulkan, difotocopi kemudian dipilih, dipilah, dan disusun berdasarkan tujuan instruksional yang akan dicapai, GBPP, dan urutan perkuliahan yang tercantum dalam Silabus mata kuliah permodalan koperasi.
Selain itu, materi tersebut juga dilengkapi dengan pedoman belajar untuk mahasiswa (student manual) yang berisi petunjuk penggunaan bahan ajar, latihanlatihan dan tugas yang perlu dilakukan mahasiswa. Metode ini dipilih dengan alasan bahwa metode panataan informasi untuk merancang bahan ajar ini paling ekonomis dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Yang diperlukan adalah ketrampilan dosen untuk mengumpulkan buku teks, melalui penelusuran literatur di perpustakaan, seleksi materi di toko buku, dan seleksi informasi-informasi yang aktual di koran, majalah, jurnal dan lain-lain.
Model bahan ajar yang akan didesain terdiri dari 6 (enam) bab untuk 6 (enam) kali pertemuan tatap muka, dimana penyusunannya mengacu pada model Atwi Suparman (dalam Panen dan Purwanto, 2001:22-27) yaitu berisi: (1) tujuan mata kuliah,
(2) nama bab (pendahuluan, penyajian, penutup),
(3) daftar pustaka, dan
(4) senarai.
Pada tahap ini selain dibuat rancangan bahan ajar, juga disusun rancangan Lembar Kritik baik untuk mahasiswa maupun untuk dosen penyaji tentang kelebihan dan kekurangan bahan ajar sebagai bahan masukan untuk revisi bahan ajar. Kemudian untuk mengukur hasil belajar dibuat juga rancangan instrumen ukur dalam bentuk kuis I, kuis II dan kuis III, sedangkan untuk
mengukur motivasi mahasiswa dibuat pula rancangan alat ukurnya berupa kuesioner.
Pada tahap pengembangan, dibuat rancangan bahan ajar, lembar kritik, kuis dan kuesioner sehingga menghasilkan apa yang disebut “desain” yaitu 6 (enam) desain bahan ajar, 1 (satu) desain lembar kritik, 3 (tiga) desain kuis dan 1 (satu) desain kuesioner. Desain-desain tersebut selanjutnya diserahkan kepada pakar Prof. Dr. H. M. Rachmad, SE, ME Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Jambi yang memiliki spesialisasi di bidang Ilmu Ekonomi Koperasi, untuk direviu.
Berdasarkan hasil reviu tersebut, dilakukan revisi perangkat bahan ajar tahap I, dan hasil revisi I tersebut menghasilkan apa yang disebut “Konsep” yang terdiri dari 6 (enam) konsep bahan ajar, 1 (satu) konsep lembar kritik, 3 (tiga) konsep kuis dan 1 (satu) konsep kuesioner. Masih pada tahap ini, konsep bahan ajar, lembar kritik, kuis, dan lembar kuesioner akan dipra-uji cobakan kepada 10 orang mahasiswa semester III program studi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP
(Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) untuk dievaluasi
terutama dari segi bahasa (apakah mudah/sulit dipahami), istilah (apakah familiar/tidak familiar),tingkat keterbacaan (apakah sajian materi terlalu banyak/sedikit dengan alokasi waktu yang tersedia). Hasil evaluasi mahasiswa ini akan dijadikan bahan untuk Revisi tahap II. Hasil pra-uji coba atau hasil revisi II ini menghasilkan seperangkat naskah bahan ajar.
Tahap pengembangan yang terakhir dari model 4-D adalah tahap desiminasi. Pada tahap ini naskah seperangkat bahan ajar yang sudah dua kali direvisi diujicobakan kepada sasaran mahasiswa yang sebenarnya yaitu mahasiswa semester V program studi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP.
Penelitian pengembangan ini diset untuk diuji cobakan pada subjek penelitian yaitu kelas mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Permodalan Koperasi pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi, yang diselenggarakan pada semester ganjil tahun akademik 2006/2007. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pengembanan bahan ajar yang memenuhi kriteria, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa.
Data yang dibutuhkan dalam penelitian tindakan (action research) ini berupa kombinasi antara data kualitatif dan data kuantitatif, dimana teknik pengambilan data menggunakan instrumen sebagai berikut:
 1. Lembaran kritik untuk mengambil data hasil reviu pakar (dosen Fakultas Ekonomi) untuk keperluan revisi I, dan untuk mengambil data hasil evaluasi dari mahasiswa pra-uji coba untuk keperluan revisi II, serta untuk mengambil data hasil ujicoba untuk keperluan revisi III/revisi akhir.
2. Lembaran tes/kuis, untuk mengambil data tentang respon dan hasil unjuk kerja atau hasil belajar
mahasiswa.
3. Kuesioner, untuk mengambil data tentang proporsi peningkatan motivasi internal mahasiswa setelah mempelajari bahan ajar.
4. Studi dokumenter, untuk memilih dan memilah materi bahan ajar dari buku teks, majalah, jurnal,
surat kabar dan lain-lain, untuk keperluan kompilasi dalam penyusunan bahan ajar.


Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : jika seluruh variabel bahan ajar (variabel nomor 1-11) dapat meningkatkan variabel motivasi hingga mencapai kualitas minimal “tinggi” atau skala >2 dari skala 4, dan variabel hasil belajar yang diukur dengan lembaran tes/kuis, mencapai nilai rerata B+ atau nilai 75 dalam skala 10-100, yang berarti tingkat penguasaan kompetensi minimal 75 %.

Nama               :    Mita Kurniasih
NPM/kelas      :    24211511/2EB10
Sumber                        :   http://repository.ui.ac..id./contents/koleksi/2/c911fa73c653fi92c5de80084c58e8b7e76690d






























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar