Sabtu, 22 Desember 2012

JURNAL EKONOMI KOPERASI 3 (1)

REVIEW
(ANALISIS MEMBERS PROMOTION PADA KOPERASI DI KABUPATEN WONOGIRI)

                                                                                                OLEH:
WAHYU AGUNG SETYO
Jurnal Ilmu Ekonomi & Pembangunan (JIEP) Vol 7,No 1,2007:hal.70-80

ABSTRAK
           
This research was aimed to analys the economic effect for the members of cooperation,such as cooperation services and members peception.Either achieving of the hypothesis of research,the writer has used descriptive and regresion analysis with scoring method.The result shows direct benefit and distrubuted profit to members of cooperation. The cooperation has given direct benefit (lower price,lower interest rate) and if distributed profit has increased,members will participate higher than before.According to this result,cooperation should make a better selling price and interest rate to achieve the goal of cooperation,such as the increasing of direct benefit and services.

PENDAHULUAN

Koperasi sebagai badan usaha  dalam melaksanaka n kegiatannya tetap dituntut efisien,yang berarti koperasi harus memperhitungkan profit (SHU) dalam setiap menjalankan kegiatan usahanya.Meskipun orientasi utama koperasi adalah pelayanan dan peningkatan kesejahteraan anggota (member promotion), hal itu bukan berarti koperasi tidak mementingkan keuntungan.Keuntungan tetap perlu dan penting untuk mencapai tingkat efisiensi usaha sepanjang keuntungan tersebut tidak di peroleh melalui eksploitasi anggota.Koperasi harus oriented sehingga tujuan ganda dapat tercapai,yaitu koperasi sehat usahanya dan kesejahteraan anggota dapat ditingkatkan.
                                                           
Kesejahteraan anggota dapat ditingkatkan dengan cara koperasi memberikan kepada anggotanya harga pelayanan yang lebih murah dibanding dengan harga non koperasi.Hal ini disebabkan,anggota akan membeli atau menjual pada koperasi apabila keuntungan membeli atau menjual pada koperasi lebih besar daripada membeli atau menjual pada pesaing koperasi (Ropke, 1998). Jika keuntungan yang diperoleh anggota terhadap koperasi lebih besar maka anggota akan berpartisipasi aktif dalam memanfaatkan pelayanan usaha koperasi.

PERUMUSAN MASALAH
Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
“Bagaimana pengaruh manfaat ekonomi langsung,pelayanan,SHU,persepsi anggota dan kondisi persaingan terhadap partisipasi anggota dalam memanfaatkan pelayanan Usaha Koperasi?”

TUJUAN PENELITIAN
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi anggota didalam memanfaatkan pelayanan usaha koperasi.Manfaat ekonomi langsung,pelayanan ,persepsi anggota,SHU dan kondisi persaingan.

B.Metode Penelitian

RUANG LINGKUP
Penelitian ini di fokuskan pada analisis tentang faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi anggota dalam kedudukanya sebagai pengguna jasa koperasi,yang berorientasi,pada members promotion.Penelitian dengan metode survei ini dilakukan anggota-anggota koperasi (KUD di kabupaten Wonogiri.

TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL
Penelitian ini menggunakan teknik sampel random sampling dimana individu dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel.Sampel penelitian diambil 40 orang anggota dari 2(Dua) Koperasi /KUD yang ada di Kabupaten Wonogiri.

DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL
1.      Partisipasi anggota diukur dari aktivitas anggota dalammemanfaatkan pelayanan usaha koperasi dalam kedudukanya sebagai pengguna jasa koperasi.
2.      Manfaat Ekonomi Langsung (MEL)diukur dari selisih harga./tingkat bunga antara koperasi dengan non koperasi.
3.      Pelayanan diukur apakah hal-hal yang menjasi harapan / tuntuan anggota sudah sesuai dengan kegiatan pelayanan koperasi yang mengacu pada kepuasan anggota sebagai konsumen.
4.      SHU diukur dari jasa usaha yang diterima oleh anggota.
5.      Persepsi anggota diukur dari sikap / image anggota terhadap koperasi kinerja pengurus transparasi keuangan dan sebagainya.
6.      Kondisi persaingan diukur dari kemudahan anggota memperoleh

TEKNIK ANALISIS DATA
            Teknik yang digunakan dalam menganalisa data mencakup :
1.      Anaisis deskriptif kuilitatif yang bertujuan memberikan gambaran terhadap kaakteristik  responden dalam memberikan sikap dan penilaian terhadap koperasi (KUD)
Analisis regresi linear berganda yang bertujuan melakukan uji hipotesis terhadap variabel-variabel penelitian yang dikemukakan.Pengukuran variabel penelitian berdasarkan teknik skoring

Nama                    :    Mita Kurniasih
NPM/kelas         :    24211511/2EB10
Sumber                 :   http://isjd.pdii .lipi.go.id/admin/jurnal/71077080.pdf









Tidak ada komentar:

Posting Komentar