Jumat, 27 April 2012

Sumber Daya Manusia


Minggu ke 4 *Peta Perekonomian Indonesia* 
3. Sumber Daya Manusia

a.       Laju pertumbuhan penduduk
Berdasarkan Sensus Penduduk 2010, jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 237,6 juta jiwa atau bertambah 32,5 juta jiwa sejak tahun 2000. Artinya, setiap tahun selama periode 1990-2000, jumlah penduduk bertambah 3,25 juta jiwa. Jika di alokasikan ke setiap bulan maka setiap bulannya penduduk Indonesia bertambah sebanyak 270.833 jiwa atau sebesar 0,27 juta jiwa.
Jumlah penduduk Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan dengan laju pertumbuhan yang tinggi pula.
b.      Penyebaran penduduk
Biasanya penyebaran penduduk dikarenakan Kepadatan penduduk yang jumlah penduduk disuatu wilayah tersebut, atau kurangnya kemakmuran diwilayah asalnya sehingga beranggapan ingin mencari tempat yang bias membuat seseorang tersebut lebih makmur lagi.
c.       Angkatan kerja
Angkatan kerja adalah penduduk usia produktif yang berusia 15-64 tahun yang sudah mempunyai pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja, maupun yang sedang aktif mencari pekerjaan.
d.      Sistem pendidikan
System pendidikan nasional kita sekarang ini masih mengedepankan pada pencapaian berbasis nilai bukan pada keterampilan dan competency. Sehingga kita tidak perlu bertanya dan bingung mengapa banyak sarjana yang nganggur, peserta olimpiade fisika yang tidak lulus Ujian Nasional dan banyak lagi hal-hal yang menggelikan dari sistem pendidikan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar