Akhir-akhir ini sering sekali kita
mendengar kabar mengenai adanya kebijakan mobil murah yang akan segera di
luncurkan oleh pemerintah pada Tahun 2013.Pada saat pemerintah telah memberikan
persetujuan mengenai kebijakan mobil murah tersebut untuk di jual dan di
promosikan pro dan kontra pun datang seiring kabar mobil murah tersebut di
luncurkan. Untuk saat ini ada 5 pabrikan yang sudah memamerkan bahkan menjual
mobil murahnya di Tanah Air, diantaranya Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya,
Nissan melalui merek Datsun, Suzuki Karimun Wagon R dan Toyota Agya..
Aturan ini dikritik karena bisa mendongkrak penjualan mobil,
yang ujung-ujungnya semakin memperparah kemacetan di jalan raya. Selain itu, dinilai
hanya akan menguntungkan pengusaha Asing dan berpotensi mematikan
cita-cita membuat mobil nasional karya anak bangsa dengan menggunakan produk
lokal.
Walaupun menimbulkan pro dan kontra, peraturan mobil murah
ini tetap akan berlaku karena sudah ditandatangani Presiden Susilo Bambang
Yudhoyono. Akhir bulan Juni ini, Kementerian Perindustrian akan segera
menerbitkan Keputusan Menteri Perindustrian yang berisi tentang jadwal
lokalisasi, mengenai hal-hal teknis, tata cara pengujian, keamanan, dan lainnya.
Tentu saja kebijakan mobil murah ini sudah diperhitungkan
soal kekurangan dan kelebihannya. Kekurangannya telah disebutkan oleh pihak
yang mengkritisi kebijakan ini dan mari melihat kelebihan atau hal positif dari
adanya peraturan mobil murah ini. Pertama, mobil murah ramah lingkungan
mempunyai keuntungan, mengurangi polusi dan hemat bahan bakar. Kedua, peraturan
mobil murah ramah lingkungan ini memperkuat struktur industri otomotif
nasional.
Jika peraturan mobil murah ini tidak keluar maka akan menimbulkan
kerugian besar bagi Indonesia khususnya saat pasar bebas ASEAN berlaku pada
2015. Kebijakan mobil murah sudah berjalan baik di beberapa negara ASEAN
seperti, antara lain, di Thailand. Dengan adanya Pasar Bebas ASEAN,
kelak produk mereka bisa masuk secara besar-besaran ke Indonesia. Biar
bagaimana kebutuhan akan mobil murah di tanah air akan semakin besar, terutama
di daerah-daerah. Maka jangan sampai kebutuhan ini diisi oleh mobil
impor.
Proyek dengan sebutan low cost green car ini juga bisa memberi peluang
bagi tumbuhnya industri komponen otomotif domestik. Salah satu tujuan dari
terbitnya peraturan ini adalah meningkatkan kandungan lokal mobil yang
sesuai dengan low carbon emission program. Proyek
mobil murah ramah lingkungan ini disebut-sebut tidak mengganggu proyek
mobil murah nasional karena spesifikasi mobil murah ramah lingkungan
adalah 1.000 cc hingga 1.200 cc. Sedangkan mobil nasional di bawah
1.000 cc.
NAMA : MITA KURNIASIH
KELAS :
3EB10
NPM
: 24211511
Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga
BalasHapuskesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update! body mobil
Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
BalasHapuskeep update!Harga Suzuki Swift Bekas
"In your opinion, what are some of the most significant advantages and disadvantages of affordable cars, as discussed in your blog post? Visit us Telkom University
BalasHapus