REVIEW
(ANALISIS FAKTOR FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN
KREDIT USAHA KECIL (KUK)DI KOPERASI SIMPAN PINJAM LIMA JAYA GROUP SURABAYA
Oleh
Budi Prabowo
Ilmu adm.Bisnis FISIP-UPNP Jatim
METODE PENELITIAN
Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam pengambilan
kredit usaha kecil(kuk)di koperasi simpan pinjam lima jaya group Surabaya.
Penelitian ini menggunakan data
primer dengan variabel-variabel yaitu pelayanan,fasilitas dan prosedur yang
bertujuan untuk menganalisisi baik bersifat silmutan maupun parsial terhadap
kepuasan konsumen.Dengan jumlah populasi 49 nasabah dari seluruh juralab
populasi sampel ditarik menggunakan teknik penarikan sampling jenuh.Dengan
menggunakan analisis data regresi linier berganda
HASIL DAN PENELITIAN
Analisis
Statistik Regresi Linear Berganda
Teknik analisis pada penelitian ini
menggunakan regresi linier berganda,hasil perhitungan dengan bantuan program
komputer SPSS
Interprestasi
dari model regresi adalah sebagai berikut :
a.
Konstanta (po) sebesar 6,459 menunjukan bahwa apabila variabel bebas = 0 maka variabel
terikat sebesar 6,459.
b.
Nilai Koefisien Pelayanan sebesar 0,527 menunjukan bahwa jika nilai
pelayanan meningkat satu satuan maka akan meningkatkan kepuasan konsumen
sebesar 0,527 dengan asumsi variabel bebas lain konstan.
c.
Nilai Koefisien fasilitas ( (32) sebesar 0,851
menunjukkan bahwa jika variabel fasilitas meningkat satu satuan maka akan
meningkatkan nilai kepuasan konsumen sebesar 0,851,dengan asumsi variabel bebas
lain konstan.
d.
Nilai koefisien prosedur(03) sebesar 1,901
menunjukkan bahwa jika nilai variabel prosedur meningkat satu satuan maka akan
menaikkan nilai kepuasan konsumen
sebesar 1,901,dengan asumsi variabel bebas lain konstan.
e.
Ej menunjukan faktor pengganggu di luar model yang
di teliti.
Nilai
Koefisien korelasi berganda (R) menunjukkan seberapa erat hubungan antara
variabel bebas(pelayanan, fasilitas dan prosedur) dengan variabel terikat
(kepuasan konsumen) yaitu 0,332.Nilai tersebut menunjukkan hubungan variabel
pelayanan,fasilitas dan prosedur dengan variabel kepuasan konsumen adalah
relatif lemah.
Pengujian
Hipotesis
a. Pembuktian
hipotesis pengaruh variabel bebas secara simultan
Untuk
menguji hipotesis dilakukan uji F yang menunjukkan pengaruh secara
simultan atau bersama-sama.
a.
Pembuktian hipotesis pengaruh variabel bebas
secara parsial (t)
Untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t yang menunjukkan pengaruh dari masing-masing
variabel.
Sebagian besar masyarakat kecil memiliki
keterbatasan akses terhadap modal maupun informasi. Sehingga dengan memberikan
prosedur yang sederhana dan tidak membingungkan bagi seorang nasabah akan
menjadi keunggulan kompetitif bagi sebuah
perusahaan yang bergerak dibidang pembiayaan (Kredit).Hal ini sesuai
dengan teori yang dikembangkan oleh Zaki Baridwan(2000:3).
KESIMPULAN
DAN SARAN
Kesimpulan
Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan,fasilitas,dan prosedur secara
simultas berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen.
Sedangkan secara parsial bahwa pelayanan
berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen.Fasilitas berpengaruh secara nyata
terhadap kepuasan konsumen konsumen. Prosedur berpengaruh secara nyata terhadap
kepuasan konsumen..
Saran.
Pihak
manajemen hendaknya meningkatkan fasilitas di koperasi khususnya sarana
penunjang yang ada dalam koperasi,karena fasilitas yang baik akan
meningkatkan minat para konsumen untuk datang ke koperasi dan Melaksanakan
transaksi secara langsung.
Alma,Buchari,2002,Manajemen Pemasaran dan
Pemasaran Jasa,Alfabeta ,
Bandung
Anoraga,Panji,2007,Dinamika Koperasi,Bina
Adiraksa,Jakarta.
Anwari, Ahmad,1998,Menejemen Perkreditan,Edisi
pertama Penerbit BPFE
Yogyakarta.
Baswir,Revisor,2007,Koperasi Indonesia,edisi kedua
BPFE Yogyakarta.
Effendy,2001,Perilaku Konsumen,Penerbit
BPFE,Yogyakarta.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo,1999.Metodologi Penelitian Bisnis
(Untuk
Akuntansi dan Manajemen),Edisi
Pertama,cetakan Pertama,
Penerbit
BPFE,Yogyakarta.
Katr,2001,Penyusutan
Strategi Manajemen Pemasaran,Universitas Indonesia
Jakarta.
Kertajaya,Hermawan,2002,Manajemen Pemasaran,Bina
Rupa Aksara Jakarta.
Kusnadi,Hendar,2005,Ekonomi Koperasi,FE Universitas Indonesia,Jakarta.
Lupiyadi,Rambat,Hamdani,A,2004.Manajemen Pemasaran dan Jasa
Dilengkapi berbagai Contoh dan Kasus
Pada Perusahaan Jasa,Penerbit
Salemba Empat,Jakarta.
Mulyadi,2002,Sistem
Prosedur,Penerbit PT Raja Grafindo Persada,Jakarta.
Nasution,M.N,2004,Manajemen Jasa Terpadu,penerbit Ghalia Indonesia.
Anggota
IKAPI,Jakarta
Ridwan,2007.Belajar
Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti
Pemula,Edisi
empat,Penerbit Alfabeta,Bandung.
Sumindhia,Ninik,2003,Koperasi dan Perekonomian Indonesia,Edisi ke empat,Penerbit
PT
Rineka Cipta,Jakarta.
Sugiyono,2004.Statistik
Untuk Penelitian,Penerbit Alfabeta,Jakarta.
Yarnest,2003,Panduan
Aplikasi Statistik; SPSS 11.0,Penerbit Dioma,Malang.Zaki
Baridwa,2000,Dasar-Dasar
Manajemen,Penerbit Bumi Aksara,Jakarta.
Nama : Mita Kurniasih
NPM/kelas :
24211511/2EB10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar