Sabtu, 22 Desember 2012

JURNAL EKONOMI KOPERASI 1 (2)

-->
REVIEW
(ANALISIS FAKTOR FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KREDIT USAHA KECIL (KUK)DI KOPERASI SIMPAN PINJAM LIMA JAYA GROUP SURABAYA

Oleh

Budi Prabowo
Ilmu adm.Bisnis FISIP-UPNP Jatim

METODE PENELITIAN

            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam pengambilan kredit usaha kecil(kuk)di koperasi simpan pinjam lima jaya group Surabaya.
            Penelitian ini menggunakan data primer dengan variabel-variabel yaitu pelayanan,fasilitas dan prosedur yang bertujuan untuk menganalisisi baik bersifat silmutan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen.Dengan jumlah populasi 49 nasabah dari seluruh juralab populasi sampel ditarik menggunakan teknik penarikan sampling jenuh.Dengan menggunakan analisis data regresi linier berganda

HASIL DAN PENELITIAN

Analisis Statistik Regresi Linear Berganda
Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda,hasil perhitungan dengan bantuan program komputer SPSS
Interprestasi dari model regresi adalah sebagai berikut :
a.     Konstanta (po) sebesar 6,459 menunjukan bahwa  apabila variabel bebas = 0 maka variabel terikat sebesar 6,459.
b.     Nilai Koefisien Pelayanan  sebesar 0,527 menunjukan bahwa jika nilai pelayanan meningkat satu satuan maka akan meningkatkan kepuasan konsumen sebesar 0,527 dengan asumsi variabel bebas lain konstan.
c.     Nilai Koefisien fasilitas ( (32) sebesar 0,851 menunjukkan bahwa jika variabel fasilitas meningkat satu satuan maka akan meningkatkan nilai kepuasan konsumen sebesar 0,851,dengan asumsi variabel bebas lain konstan.
d.     Nilai koefisien prosedur(03) sebesar 1,901 menunjukkan bahwa jika nilai variabel prosedur meningkat satu satuan maka akan menaikkan nilai kepuasan konsumen  sebesar 1,901,dengan asumsi variabel bebas lain konstan.
e.     Ej menunjukan faktor pengganggu di luar model yang di teliti.

Nilai Koefisien korelasi berganda (R) menunjukkan seberapa erat hubungan antara variabel bebas(pelayanan, fasilitas dan prosedur) dengan variabel terikat (kepuasan konsumen) yaitu 0,332.Nilai tersebut menunjukkan hubungan variabel pelayanan,fasilitas dan prosedur dengan variabel kepuasan konsumen adalah relatif lemah.

Pengujian Hipotesis
a.     Pembuktian hipotesis pengaruh variabel bebas secara simultan
Untuk menguji hipotesis dilakukan uji F yang menunjukkan pengaruh secara simultan  atau bersama-sama.
a.     Pembuktian hipotesis pengaruh variabel bebas secara parsial (t)
          Untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t  yang menunjukkan pengaruh dari masing-masing variabel.
Sebagian besar masyarakat kecil memiliki keterbatasan akses terhadap modal maupun informasi. Sehingga dengan memberikan prosedur yang sederhana dan tidak membingungkan bagi seorang nasabah akan menjadi keunggulan kompetitif bagi sebuah  perusahaan yang bergerak dibidang pembiayaan (Kredit).Hal ini sesuai dengan teori yang dikembangkan oleh Zaki Baridwan(2000:3).

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
            Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan,fasilitas,dan prosedur secara simultas berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen.
Sedangkan secara parsial bahwa pelayanan berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen.Fasilitas berpengaruh secara nyata terhadap kepuasan konsumen konsumen. Prosedur berpengaruh secara nyata terhadap kepuasan konsumen..
Saran.
Pihak manajemen hendaknya meningkatkan fasilitas di koperasi khususnya  sarana  penunjang yang ada dalam koperasi,karena fasilitas yang baik akan meningkatkan minat para konsumen untuk datang ke koperasi dan Melaksanakan transaksi secara langsung.


 DAFTAR PUSTAKA

Alma,Buchari,2002,Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,Alfabeta ,
            Bandung
Anoraga,Panji,2007,Dinamika Koperasi,Bina Adiraksa,Jakarta.
Anwari, Ahmad,1998,Menejemen Perkreditan,Edisi pertama Penerbit BPFE
            Yogyakarta.
Baswir,Revisor,2007,Koperasi Indonesia,edisi kedua BPFE Yogyakarta.
Effendy,2001,Perilaku Konsumen,Penerbit BPFE,Yogyakarta.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo,1999.Metodologi Penelitian Bisnis
            (Untuk Akuntansi dan Manajemen),Edisi  Pertama,cetakan Pertama,
            Penerbit BPFE,Yogyakarta.
Katr,2001,Penyusutan Strategi Manajemen Pemasaran,Universitas Indonesia
            Jakarta.
Kertajaya,Hermawan,2002,Manajemen Pemasaran,Bina Rupa Aksara Jakarta.
Kusnadi,Hendar,2005,Ekonomi Koperasi,FE Universitas Indonesia,Jakarta.
Lupiyadi,Rambat,Hamdani,A,2004.Manajemen Pemasaran dan Jasa
            Dilengkapi berbagai Contoh dan Kasus Pada Perusahaan Jasa,Penerbit
            Salemba Empat,Jakarta.
Mulyadi,2002,Sistem Prosedur,Penerbit PT Raja Grafindo Persada,Jakarta.
Nasution,M.N,2004,Manajemen Jasa Terpadu,penerbit Ghalia Indonesia.
            Anggota IKAPI,Jakarta
Ridwan,2007.Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti
            Pemula,Edisi empat,Penerbit  Alfabeta,Bandung.
Sumindhia,Ninik,2003,Koperasi dan Perekonomian Indonesia,Edisi ke empat,Penerbit
            PT Rineka Cipta,Jakarta.
Sugiyono,2004.Statistik Untuk Penelitian,Penerbit Alfabeta,Jakarta.
Yarnest,2003,Panduan Aplikasi Statistik; SPSS 11.0,Penerbit Dioma,Malang.Zaki
            Baridwa,2000,Dasar-Dasar Manajemen,Penerbit Bumi Aksara,Jakarta.

Nama                :    Mita Kurniasih
NPM/kelas       :    24211511/2EB10
Sumber            :   http://eprints.upnjatim.ac.id/2940/1/budi prabowo.pdf





Tidak ada komentar:

Posting Komentar